Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Memantau Pengunjung Blog dengan SiteMeter

Bagi pemilik blog, tahukah Anda darimana pengujung Anda berasal? Apa saja yang dilakukan pengunjung di blog Anda? atau apa saja yang diklik pengunjung Anda di blog Anda? Bagi yang belum tahu, kali ini Saya akan mencoba membahas widgets SiteMeter yang mampu memantau pengunjung di blog. Langkah pertama yang diperlukan tentunya adalah mendaftarkan blog anda ke sitemeter, Buka www.sitemeter.com atau klik disini



klik "sign up" pada menu samping kiri Anda seperti contoh gambar diatas, kemudian pada langkah selanjutnya klik "SIGN UP" pada BasicMeter FREE, seperti pada gambar dibawah ini:


Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman Form tentang blog Anda

Isikan semua informasi yang diperlukan, jangan lupa memberi centang pada tulisan "by checking this box I..." kemudian klik tombol "next" untuk melanjutkan.

Isikan alamat email, kodepos dan negara anda seperti contoh gambar di atas. Kemudian klik "Next" untuk melanjutkan.

Setelah itu Anda akan diminta untuk mengecek kembali informasi yang Anda berikan. Kalo semuanya sudah benar klik tombol "Next"


Nah sampai disini Anda sudah sukses mendaftar di site meter, selanjutnya adalah mengambil kode yang akan di letakkan di blog, klik "Manager" pada menu atas untuk masuk ke pengaturan.


Pada menu samping ada beberapa pengaturan yang harus anda lakukan sebelum mengambil kode HTML nya, yaitu klik dulu "starting count" dan masukkan jumlah pengunjung Anda saat ini (sebelum mendaftar di sitemeter). Langkah terakhir klik "HTML code" untuk mendapatkan kode htmlnya, setelah di copy, kemudian pastekan ke blog Anda, Caranya seperti menambah gadget pada blog Anda.
Nah untuk memantau pengunjung Anda, Anda bisa lihat keesokan harinya dengan meng-klik icon "sitemeter" diblog Anda, disana akan terlihat informasi statistik pengunjugn Anda,
Lihat pada menu disamping, ada recent visitors yaitu by details (informasi pengujung :IP addres/domain), by referals (darimana pengunjung datang), by entry pages (halaman mana saja yang di baca oleh pengunjung) dan lainya bisa anda pelajari sendiri.
Nah, saat ini Anda sudah bisa memantau pengunjung Anda.

10 comments for "Memantau Pengunjung Blog dengan SiteMeter"

  1. Artikelnya bagus apalagi kata-katanya menarik menambah wawasan dan pengalaman saya trims ya…lanjutkan artikelnya saya tunggu. Mampir ke blog saya dunk saya biz posting tadi. ini alamatnya http://regedit.blog.telkomspeedy.com/2009/01/26/online-dapat-uang-mau/ jangan lupa komentarnya buat artikel saya.

    ReplyDelete
  2. info yang bagus....salam kenal bro...

    ReplyDelete
  3. mas"blog nya ku suka;))mas"saya pemula yang masih belajar dalam dunia blog jadi mohon bimbingan nya:D

    ReplyDelete
  4. Nice Information guy...your link hadbeen added in my blog. Thx. :)

    ReplyDelete
  5. Mantab pak,
    mau trial nih mudah2an bisa ya...

    ReplyDelete

Isikan komentar dengan menggunakan Name/URL, Untuk memudahkan Kami mengunjungi Anda.
ttd,
ARTON

Note: Komentar berbau SPAM akan dihapus.