Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengubah setting permalink untuk memperkuat SEO

Permalink adalah URL yang kita gunakan untuk setiap postingan. Untuk blog yang mengunakan wordpress sebagai engine, kita bebas menentukan Permalink yang ingin kita gunakan sehingga bisa mengoptimalkan SEO untuk konten blog kita. Banyak pakar SEO yang mengatakan bahwa permalink adalah salah satu yang mempengaruhi posisi anda di search engine. Dengan menggunakan permalink yang benar dan mencerminkan judul artikel, tentu saja ini akan berpengaruh baik untuk blog anda di mata search engine. Jika anda belum pernah merubah pengaturan permalink ini, maka akan terlihat bahwa link menuju artikel anda seperti ini : http://yourdomain.com/?p=123, tentu saja URL itu tidak mencerminkan judul artikel yang telah kita buat.

Tentu saja kita harus melakukan perubahan pada pengaturan permalink agar URL artikel kita lebih bersahabat dengan mesin pencari. Untuk melakukan perubahan pada permalink di blog anda, anda harus login ke wp-admin blog anda, dan pada menu sebelah kiri cari "Settings >> Permalink" maka akan tampil pilihan pengaturan Permalink seperti contoh dibawah ini:

permalink

Untuk memaksimalkan permalink anda, silahkan pilih "Custom Structure" dan tuliskan:
/%postname% untuk membuat URL artikel anda sesuai dengan judul artikel. dengan anda menuliskan /%postname% maka nantinya URL yang menuju artikel anda menjadi seperti ini: http://domain.com/judul-artikel-blog anda juga dapat menambahkan html di belakang permalink anda, caranya anda perlu menambahkan /%postname% dengan html di belakangnya. Lengkapnya adalah seperti ini: /%postname%.html. Mungkin ini tidak berpengaruh terhadap SEO tapi cukup membuat blog anda lebih unik dan tidak seperti URL blog Wordpress pada umumnya.

Sebagai catatan untuk anda, sebaiknya anda merubah permalink anda sekali saja dan sebaiknya dilakukan di awal pembuatan blog. Karena jika anda melakukan setelah blog anda terindeks di mesin pencari maka akan terdapat link yang tidak di temukan dalam blog. Dan untuk memulihkan perubahan yang terjadi nantinya, anda harus menunggu search engine mengupdate indeks untuk blog anda. Langkah terakhir jangan lupa anda menyimpan perubahan permalink yang telah anda lakukan dengan menekan tombol "Save Changes" yang terletak di bagian bawah.

9 comments for "Mengubah setting permalink untuk memperkuat SEO"

  1. bagaiamana dengna permalink yang tidak ada apa2nya ujungnya alias .html atau .php nya ga' ada?

    apa masih bisa dibilang permalink SEO friendly?

    ReplyDelete
  2. @ihsan,kalo untuk akhirannya ga masalah bro ga begitu pengarug sama SEO. akhirannya cuma biar beda aja dengan wordpress pada umumnya. kalo aku sih karena untuk menyesuaikan dengan artikel sebelumnya yang dari blogspot. jadi harus pake .html biar URLnya sama.

    ReplyDelete
  3. SEO is a big part of any business strategy now a days.

    ReplyDelete
  4. Mantap nih tipsnya... Semoga bermanfaat bagi yang ngunjungi blog ini mas :D

    ReplyDelete
  5. thank's banget buat infonya...
    by Banua Digital

    ReplyDelete
  6. untuk blogspot uda bisa belum ya gan???

    ReplyDelete
  7. thanks informasinya gan,,salam kenal

    ReplyDelete
  8. hemm.. sayangnya ngga ada permalink di blogspot... ampe habis ni rambut mikirin seo mlulu hehehe.. lam kenal gan.. ;;)

    ReplyDelete
  9. thank mas bro tutorial permalink nya

    ReplyDelete

Isikan komentar dengan menggunakan Name/URL, Untuk memudahkan Kami mengunjungi Anda.
ttd,
ARTON

Note: Komentar berbau SPAM akan dihapus.