Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan instalasi wordpress di web hosting

Panduan ini tentu saja ditujukan untuk blogger yang masih pemula dalam membuat blog menggunakan wordpress cms yang disediakan oleh wordpress.org. Untuk membuat blog menggunakan mesin Wordpress tentunya kita harus mempersiapkan domain dan hosting terlebih dahulu. Keduanya bisa anda dapatkan dengan mudah karena banyak yang menyediakan untuk anda, ada yang gratis ada juga yang berbayar. Jika anda membeli web hosting, pastikan web hosting anda mempunyai fitur Fantastico yang akan mempermudah kita dalam melakukan instalasi wordpress. Tanpa menggunakan fitur fantastico, kita akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk instalasi wordpress. Jika domain dan hosting anda sudah siap digunakan, berikut ini adalah panduan bagaimana memasang wordpress di hosting. Untuk mengawali panduan anda, silahkan anda masuk ke cpanel. Untuk masuk ke cpanel ketik http://domain.com/cpanel di browser anda. ganti domain dengan domain anda dan masukkan username dan password yang telah anda miliki sewaktu anda membeli hosting.


Jika anda sudah masuk ke dalam cpanel, silahkan anda cari bagian Software/Services, dan cari fantastico seperti contoh gambar dibawah ini:


kemudian klik "Fantastico" dan anda akan dibawa ke halaman fantastico menu. pada menu navigation di sebelah kiri, pilih "wordpress", maka disebelah kanan akan ada keterangan versi wordpress yang bisa anda gunakan. seperti gambar dibawah ini:


Jika versinya lebih rendah dari versi yang ada saat ini, anda tidak usah khawatir karena nanti kita bisa melakukan update dengan versi wordpress terakhir. Untuk mulai melakukan instalasi wordpress, klik "new instalation". selanjutnya anda tentukan domain yang akan anda gunakan seperti contoh gambar dibawah ini:


keterangannya adalah sebagai berikut:
install on domain : pilih domain mana yang akan anda gunakan. biasanya akan ada daftar domain dan sub domain yang telah terdaftar di hosting anda.
install in directory : tidak perlu anda isi.
administrator username dan password: ini akan digunakan untuk masuk ke dashboard wordpress anda nantinya jadi gunakan username dan password yang mudah anda ingat
admin nickname adalah author yang akan tampil di postingan anda,(nanti bisa anda ganti)
admin email adalah alamat email yang akan anda gunakan menerima email nantinya dari wordpress jika anda komentar (bisa diganti nanti)
sitename: adalah judul blog anda
deskription: keterangan tentang blog anda

jika sudah anda isi dengan benar, kemudian anda klik "install Wordpress". Setelah itu akan tampil data-data yang akan dihasilkan oleh instalasi wordpress,


untuk menyelesaikan instalasi anda silahkan klik "Finish Instalation". dan akan tampil tahapan terakhir seperti gambar dibawah ini;


jika ingin melakukan back-up username dan password wordpress yang telah anda gunakan tadi, silahkan anda masukkan email anda, maka dengan otomatis password dan wordpress anda akan dikirim ke email anda. Sampai disini proses instalasi wordpress anda sudah selesai, untuk melihat tampilan default worpress yang telah anda buat silahkan anda buka url domain yang telah anda gunakan tadi. Untuk melakukan konfigurasi wordpress anda, silahkan anda masuk terlebih dahulu ke dashboard wordpress anda, buka saja http://yourdomain.com/wp-admin dan masukkan username dan password wordpress anda. Disitu anda bisa melakukan konfigurasi terhadap wordpress anda, anda bisa mengganti theme, menambahkan plugin, mengubah judul dan deskripsi blog.

Untuk panduan proses instalasi wordpress sudah selesai, untuk tutorial wordpress selanjutnya saya akan bahas tentang bagaimana melakukan optimalisasi wordpress yang baru dibuat.


6 comments for "Panduan instalasi wordpress di web hosting"

  1. Mas., mau nanya nie..,," seblumnya saya udah instal wordpress di webhosting gratis dan sudah jadi websitenya. tp disaat membuka halaman2 yg lain malah kok.. halaman iklan webhosting yg keluar"
    mOhon penjelasan cara mengatasinya..

    ReplyDelete
  2. Emang bener, install web dengan fitur Fantastico emang amat sangat membantu, ga seribet yg dikira-kira...what a nice info... :)

    ReplyDelete
  3. Artikel yang sangat bagus. Sekedar informasi, jika teman-teman membutuhkan layanan hosting gratis maka tidak ada salahnya teman-teman mencoba layanan dari Idhostinger.com

    Semoga bermanfaat dan sukses selalu

    ReplyDelete
  4. Saya belum pernah pakai wordpress, sangat bermanfaat suatu saat nanti
    trims ya gan

    ReplyDelete

Isikan komentar dengan menggunakan Name/URL, Untuk memudahkan Kami mengunjungi Anda.
ttd,
ARTON

Note: Komentar berbau SPAM akan dihapus.