Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat dan Optimasi Sitemap untuk blog Wordpress

Plugin ini sangat penting untuk anda pasang di wordpress anda, karena plugin ini dapat membuat blog anda ramah terhadap search engine yang sudah ternama seperti Google, Ask, Yahoo, MSN atau Bing. Kalau blog anda ramah menyambut kedatangan robot search engine, tentu saja blog anda akan sering dikunjungi oleh search engine ini. Untuk membuat sitemap untuk blog wordpress, anda bisa menggunakan Google (XML) sitemap generator.

Cara pemasangan plugin ini sama dengan pemasangan plugin lainnya, anda bisa mendownload pluginnya dan mengunggah ke wordpress anda, atau anda bisa langsung mendownload melalui dashboard wordpress anda. JIka anda sudah mendownload plugin sitemap ini, silahkan anda aktifkan dan lihat pengaturan sitemap pada menu Setting. Pada saat pertama kali anda menggunakan layanan sitemap, maka akan ada pemberitahuan kalau blog anda belum mempunyai sitemap, dan anda akan di pandu untuk membuatnya. Pesan dari plugin sitemap generator ini adalah seperti gambar di bawah ini:


Abaikan terlebih dahulu pesan di atas, sebelum anda membuat sitemap untuk pertama kalinya, silahkan anda atur pengaturan yang ada pada sitemap yang akan anda bentuk, anda dapat menggunakan gambar di bawah ini sebagai referensi, saya menggunakan pengaturan seperti di bawah ini untuk blog saya.


dan perhatikan juga pada "Post Priority" pindahkan button pada pilihan pertama, dengan anda memilih pilihan pertama maka setiap post anda mempunyai priority yang sama.


Selanjutnya silahkan anda membentuk sitemap anda yang pertama. Untuk membuat sitemap silahkan anda melakukan klik pada tulisan "click here" pada pesan peringatan di atas, setelah itu akan ada pemberitahuan bahwa sitemap anda selesai terbentuk seperti gambar di bawah ini:

dan sitemap anda akan terbentuk dengan cepat. untuk mengecek sitemap anda, silahkan anda buka http://namadomain.com/sitemap.xml maka akan tampil halaman sitemap anda. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi, pembanding atau sebagai bahan diskusi. Jika anda mempunyai optimasi yang menurut anda lebih baik, silahkan anda berbagi melalui komentar di bawah ini. Klik disini untuk download plugin

9 comments for "Membuat dan Optimasi Sitemap untuk blog Wordpress"

  1. klo pake wordpress sih enak, tapi klo pake blogger susah buat optimasinya???

    ReplyDelete
  2. @nova imoet, kalo di blogger ga usah buat sitemap lagi, kan dah ada otomatis, namanya atom.xml atau rss.xml, lebih enak kan? alamat sitemap lengkapnya http://namablog.blogspot.com/atom.xml

    ReplyDelete
  3. Mas apa maksudnya your application ID pada notify YAHOO?? apakah sama dgn ID YM?

    ReplyDelete
  4. I want to thank the authors that they did a great job to sit helps us better understand about the site, Really http://www.magok.co.cc

    ReplyDelete
  5. wah mantab sekali,,lanjutkan gan

    ReplyDelete
  6. wah mantab sob buat ane yang lagi belar WP,,makasih banayak euy

    ReplyDelete
  7. cocok buat yang baru belajar bikin web seperti ane nih gan,
    buat yang suka nonton film streaming, box office
    silahkan kunjungi situs kami, dijamin ga banyak iklannya.. ga bikin pusing harus close iklan tiap klik
    buktikan.. streaming movie gratis di
    http://putlockerhulu.com/

    ReplyDelete

Isikan komentar dengan menggunakan Name/URL, Untuk memudahkan Kami mengunjungi Anda.
ttd,
ARTON

Note: Komentar berbau SPAM akan dihapus.