Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan Memilih Web Hosting Berbayar

Banyak yang bertanya kepada saya bagaimana memilih web hosting yang berbayar dan apakah fitur yang terbaik untuk membuat website sendiri. Kali ini saya akan berbagi sedikit informasi tentang bagaimana hendak memilih web hosting yang terbaik dan sedikit panduan yang dapat Anda gunakan sebelum Anda membuat pilihan memesan web hosting berbayar . Jika anda menggunakan web hosting berbayar Anda lebih fleksible dalam mengendalikan website anda serta banyak function yang membuat Anda lebih mudah menguruskannya.

Mengapa Saya mendorong Anda Menggunakan Web Hosting Berbayar?

  • Sebab Anda bebas memilih design dan layout sendiri
  • Bebas dari iklan yang tidak relevan dan tidak menguntungkan
  • Bebas dari persyaratan ketat yang dikenakan oleh layanan gratis
  • Meningkatkan reputasi website Anda dan memberi kepercayaan kepada pengguna situs Anda
  • Percayalah, Anda mampu memiliki webhosting berbayar dan memiliki website sendiri

Tapi sebelum itu, ada beberapa fitur yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih web hosting berbayar. Banyak perusahaan yang menawarkan layanan web hosting, baik dari lokal ataupun luar, Namun anda harus tahu seberapa bagus layanan yang mereka berikan, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan:

Fungsi dan fitur-fitur yang standar dan mudah
CPanel (control panel) membuat Anda lebih mudah mengelola website Anda dengan fitur-fitur yang ada padanya. Pastikan webhosting tersebut memiliki CPanel yang memungkinkan Anda menkofigurasikan mySQL, email account, FTP account dan lain-lain dengan centralised. Beberapa webhosting menyediakan demo ke control panel mereka, jadi pastikan Anda telah mencobanya terlebih dahulu.

Lokalisir serverside language yang disupport oleh webhosting tersebut seperti PHP atau lain-lain, ini karena kebanyakan script-script gratis di internet menggunakan PHP dan databasenya MySQL sebagai contoh script-script Wordpress, PHPnuke, phpBB, Joomla, Mambo dan lain-lain.

Kapasitas Penyimpanan (Storage) Yang Besar
Sudah pasti Anda memerlukan kapasitas yang lebih besar, kata kuncinya lebih besar lebih bagus. Anda tidak perlu ragu-agak untuk memilih webhosting yang menawarkan ukuran kapasitas penyimpanan yang lebih besar karena Anda juga dapat menyimpan file-file di hardisk anda sebagai backup jikalau Anda memiliki lebih kapasitas dan ianya mungkin akan digunakan di masa mendatang.

Bandwith Transfer Bulanan Yang Tinggi
Untuk mencegah dari account hosting Anda digantung (SUSPENDED) Anda harus mendapatkan hosting yang menawarkan bandwith transfer yang tinggi lebih-lebih lagi jikalau website anda dibuka kepada pengguna untuk mendownload file-file yang banyak. Sudah tentu Anda tidak ingin website anda digantung sedemikian rupa dan pengguna Anda tidak dapat akses ke website anda, betol? Jadi, lebih tinggi bandwith transfer Anda ada maka lebih bagus lagi.

24 / 7 Customer Support / Layanan Bantuan Pelanggan
Bantuan pelanggan yang ditawarkan oleh perusahaan hosting tersebut harus bagus dan tidak membiarkan pelanggan dalam masalah yang tidak dapat diselesaikan. Bantuan 24 jam sehari adalah penting untuk memastikan Anda dapat berkomunikasi, melapor dan membuat pertanyaan-pertanyaan ke hosting perusahaan tersebut tanpa menunggu lama untuk mereka menyelesai dan menjawab permasalahan Anda.

Dan jika anda ingin menggunakan banyak Domain dalam satu hosting, anda juga harus melihat apakah hosting hosting yang akan anda gunakan support untuk itu, yaitu fasilitas AddOn Domain. Fasilitas yang penting lainnya adalah fasilitas untuk parkir Domain. Yang tidak kalah penting lagi adalah Harga yang di tawarkan, Tentunya harus di sesuaikan dengan kemampuan,

Yang terakhir adalah Web hosting yang saya rekomendasikan untuk anda adalah HostGator, Karena menurut saya, web hosting ini sangat handal dan memenuhi kriteria dan sangat SEO friendly. JIka anda ingin menggunakan Hostgator, jangan lupa menggunakan kupon untuk mendapatkan diskon hostgator pada bulan pertama.

2 comments for "Panduan Memilih Web Hosting Berbayar"

  1. Kami sementara ini masih menggunakan yang free belum yang berbayar. Artikel ini menjadi referensi yang penting bagi kami apabila suatu saat membutuhkan dan beralih ke yang berbayar. HostGator tampaknya menjadi pilihan yang favorit. Trims sharingnya.

    ReplyDelete
  2. bang, linknya sdh di psng, link balik ya

    ReplyDelete

Isikan komentar dengan menggunakan Name/URL, Untuk memudahkan Kami mengunjungi Anda.
ttd,
ARTON

Note: Komentar berbau SPAM akan dihapus.