Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Verifikasi Blog di Yahoo Webmasters

Bagi Blogger yang sering bermain di webmasters tentunya sudah tahu kalau yahoo juga memiliki layanan ini dan tentunya gratis juga seperti halnya Google Webmaster Tool. Tentunya bagi blogger yang sudah mencoba Yahoo Webmasters, postingan ini menjadi usang sehingga postingannya ini hanya untuk blogger pemula seperti halnya saya yang baru mengetahui tool ini. Sebelumnya saya informasikan bagi yang belum mendaftarkan blognya di Google Webmaster Tool silahkan membaca postingan sebelumnya tentang Google Webmasters Tool.
Adapun tujuan menggunakan Webmasters tool adalah untuk memudahkan menganalisa perkembangan blog di mata Search Engine dan tentunya juga untuk meningkatkan traffik pengunjung blog dari search engine.
Nah, langkah-langkah untuk menggunakan layanan Yahoo Webmasters ini adalah sebagai berikut:

Pertama silahkan klik tulisan Yahoo Webmaster ini. Maka akan tampil halaman seperti gambar dibawah ini:



Pada menu disamping kiri silahkan klik "My Sites" maka akan tampil form login jika anda belum login sebelumya. Silahkan login dengan account Yahoo yang anda miliki.


Selanjutnya ketikkan nama URL blogmu selengkap-lengkapnya dan klik "Add My Site" Maka Blogmu akan ditambahkan di daftar blog.
Kemudian klik nama blog yang baru ditambahkan tadi. Selanjutnya pada menu samping kiri klik "Feeds" untuk menambahkan feed blogmu.


Kemudian pada form sebelah kanan ketik alamat feed blogmu, kalau masih menggunakan blogger anda tinggal mengetikan "atom.xml" selanjutnya klik "Add Feed" dan biarkan yahoo menambahkan feed blogmu untuk di diagnosa.
Langkah selanjutnya adalah meng-Authentication blog mu. Caranya adalah pada menu sebelah kiri klik tulisan "Authentication" maka sebelah kanan akan tampil cara autentifikasi blog yaitu dengan meng-upload file atau dengan menambahkan tag meta, silahkan klik pada pilihan kedua jika anda menggunakan blogger.


Silahkan copy tag meta yang diberikan (tulisan yang dicetak tebal). Selanjutnya login ke blogger dan masuk pada "tata letak" trus ke bagian "Edit HTML" dan paste-kan kode tag meta tersebut dibawah < head >, kemudian simpan. Kemudian kembali ke halaman Yahoo Webmasters tadi dan klik "Ready to authenticate". Sampai disini blog anda sudah terdaftar di Yahoo webmasters, butuh waktu beberapa hari agar blog kita bisa di diagnosa oleh Yahoo Webmasters.

33 comments for "Verifikasi Blog di Yahoo Webmasters"

  1. Info yang bermanfaat mas, bisa langsung dipraktekan :). Trims

    -salam sukses-

    ReplyDelete
  2. wah mantap nih mas, makasih untuk infonya

    ReplyDelete
  3. haaaa aku baru mau coba google aja dulu neh

    ReplyDelete
  4. wuih, mas punya trik lain gag biar tante yahoo lebih bersahbat dgn blog kita, sampai skarang blog saia sangat kesusahan tuk bersaing di searchingnya?? saia tunggu info nya mas

    ReplyDelete
  5. @nyubi, wah mas, blog saya ini baru lounching, jadi sama aja nih masih cari-cari cara biar bisa bersahabat dengan yahoo. mendaftar di webmasternya merupakan salah satu cara biar bisa bersahabat dengan yahoo.

    ReplyDelete
  6. mkasih mas, padahal dari pertama kali saia buat, blog saia uda didaftarkan di yahoo sama google, klo google mah uda sering ke index tpi yahoo yg blom, tpi dapat kabar utk yahoo blog dummy macam co.cc terbilang susah beda dgn domain komersil, saia yakin deh klo punya mas mah cepat ke index. eh, klo ada trik lain tolong di kasih tau eah. (mode on :ngarep)

    ReplyDelete
  7. @nyubi, kalau di google mamang nama blog ini sudah sering dikunjungi google bot, bahkan sampai 2 kali seminggu. tapi kalau untuk yahoo susah juga walau domain komersil. malah ada pesan error crawl.

    ReplyDelete
  8. iya nih,, lagi banyak kerjaan jarang OL.. pa kabar mas?

    ReplyDelete
  9. salam kenal !,
    makasih infonya.

    ReplyDelete
  10. keren banget mbak halamanya ?
    terang ja salut deh buat mbak
    =)) =)) =))
    hehehe kita mah ngk bisa nulis seindah yang mba tulis

    ReplyDelete
  11. gmna ya ndongkarak populasi umatku selama 1 hari,kalau ada yang bisa mampir yow..

    ReplyDelete
  12. mas,, kalo cara memasang di wordpress gMna??

    ReplyDelete
  13. @octavianopratama, kalau untuk wordpress ga jauh beda mas, tinggal copy ada kodenya dan pastekan di template yang di wordpress, peletakannya juga sama, yaitu sesudah "head", kalo bisa juga dengan meng-upload kode tersebut.

    ReplyDelete
  14. Koq ngga mau ya di blog saya??? Padahal udah ngikutin cara2 di atas. Mohon pencerahannya...

    ReplyDelete
  15. @itjallcorleone,kode tag meta yang diberikan oleh yahoo perlu ditambahkan garis miring ("/") mas, misalnya kodenya seperti ini: <META name="y_key" content="9ddd3de496b7895a"> maka jadinya seperti ini: <META name="y_key" content="9ddd3de496b7895a"/>

    ReplyDelete
  16. Eh, iya bang. Punya Oca juga enggak mau pas ditaruh disebelah tag meta google. Kenapa ya? Jadi dihapus dulu yang di yahoo. Tolong pencerahannya..(jikalau sudi diblog Oca)

    ReplyDelete
  17. @oca, ga perlu dihapus, tinggal ditambah garis miring aja, seperti saya jelaskan sebelum komentar oca diatas.

    ReplyDelete
  18. Baiklah entar dicoba. Makasih ya bang..

    ReplyDelete
  19. tipsnya mantap nih. Sangat berguna sekali. Thx ya

    ReplyDelete
  20. mas mau tanya kalo verifikasi untuk wordpress gratisan kayak blog saya gimana, meta tag gak bisa di utak-atik. Kalo pake cara yang pertama yaitu "By uploading a verification file to my site" saya kurng mengerti apa maksudnya, dan apa memang gak bisa kalo di wordpress gratisan? kalo blog saya yang di blogspot dah terverifikasi semua. tolong penjelasannya ya mas.

    ReplyDelete
  21. maaf mas, saya salah login, login di atas pake L2y010203 account blog saya yang di blogger, maksud saya blog yang saya pake koment yang sekarang. salam

    ReplyDelete
  22. @lerry, sepertinya di blog wp gratisan lom bisa mas, kalo untuk upload hanya bisa untuk wp dengan hosting sendiri.

    ReplyDelete
  23. Thx alot info nya, saya sudah sukses daftar di google. tapi kenapa untuk yahoo selalu failed (kalau google kan hanya copy paste judul, sedang di yahoo.ada isi page nya) mohon pencerahan
    http://oddityroom.wordpress.com

    ReplyDelete
  24. kok blog saya belum juga terindeks di yahoo. kira-kira apa masalahnya ya mas??? padahal umur blog saya sudah lebih dari 5 minggu

    http://referensiregistrasi.blogspot.com/

    ReplyDelete
  25. @Ray, saya kurang paham untuk blog WP.com
    @referensi, yahoo memang agak lama dan susah untuk blogspot.

    ReplyDelete
  26. Baru coba google webmaster nih...

    Mohon dukung saya ya di kontes SEO Bisnis Pulsa Eranet

    thanks!

    ReplyDelete
  27. di blogger gak bisa pasang kan...!!

    ReplyDelete
  28. nice info om ! anyway ogut udah jalanin smuanya n gada kesalahan tp ko yahoo bot ga kunjung datang yah ? kira-kira kenapa tuh om?

    ReplyDelete
  29. mantep mas...
    akhirnya bisa verifikasi

    ReplyDelete
  30. blog sudah 1 minggu sjak verifikasi tp blm trindek... gmn solusinya, biasanya btuh brpa hari untuk bs trindek di yahoo...
    knjungi blog saya ya http://bangucub.blogspot.com

    ReplyDelete
  31. Pake layanan ping lebih praktis gan

    ReplyDelete
  32. wahhh... hebattt nihh...
    thx for ilmunya,,

    ReplyDelete

Isikan komentar dengan menggunakan Name/URL, Untuk memudahkan Kami mengunjungi Anda.
ttd,
ARTON

Note: Komentar berbau SPAM akan dihapus.